Herbal Alami Solusi Berbagai Masalah Kesehatan

Kista, jenis, dan gejalanya

Kista, jenis, dan gejalanya

Nah ini postingan pertama saya, ya jadi tolong dimaklum ya kalau misalnya banyak salah ketik dan lain sebagainya, pada postingan ini saya akan membahas mengenai kista

Walaupun kista dikenal selama ini dikenal sebagai penyakitnya kaum hawa, ternyata kista juga bisa menyerang kaum adam loh, dan ternyata kista itu bukan hanya bisa terjadi di ovarium saja, walaupun memang yang paling terkenal adalah kista ovarium. Oke kita langsung saja cek, apa saja sih kita itu

Pengertian Kista

 

Kista sebenarnya adalah struktur abnormal seperti kantung yang bisa ditemukan dimanapun di tubuh. Kista biasanya mengandung zat gas, cair atau setengah padat dan memiliki dinding luar seperti sebuah kapsul. Ukuran kista beragam dan dapat tumbuh di bagian tubuh manapun dan sering dinamai sesuai dengan lokasinya seperti kista kandung kemih, kista payudara, kista kulit. Kista sebenarnya tidaklah terlalu berbahaya dan sering disebut sebagai tumor jinak, namun apabila ukurannya sudah besar maka dapat menekan atau menggeser organ organ penting dalam tubuh. Karena alasan inilah kista mengganggu dan harus segera diobati.
Itu tadi pengertian kitsa, nah sekarang kita lanjut ke jenis jenis kista

Jenis jenis Kista

 


Kista ini yang paling terkenal dan sering menjadi pembicaraan kista indung telur. Kista ovarium adalah kista yang berkembang pada ovarium wanita. Sebagaimana kista yang lain, kista ovarium tidaklah berbahaya namun dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari terasa nyeri sampai dengan masalah reproduksi karena kista dapat menghalangi ovulasi sehingga menyulitkan upaya kehamilan.

Kista overarium secara umum dibagi menjadi dua, yaitu:

1. kista Fungsional (kista sederhana)

Kista fungsional adalah kista yang terjadi ketika folike atau kantong yang menyelubungi sel telur gagl pacah dan melepaskan telur sehingga cairan menetap di rahim dan membentuk kista. Bila diperiksa dengan USG. kista menyyerupai gelembung berdinding tipis yang berisi cairan. Kista ini adalah kista yang paling umum di derita oleh wanita dan biasanya akan menghilang dalam satu atau dua siklus menstruasi, namun kista ini akan menjadi masalah bila dalam 2-3 siklus mentruasi tidak hilang, menimbulkan rasa sakit atau menghalangi kehamilan

2. Kista organik atau kista abnormal

Kista jenis ini adalah hasil pertumbuhan sel abnormal sejenis tumor yang bersifat jinak, namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kista organik dapat berubah menjadi kanker. Kista organik berisi beberapa materi tak terduga seperti jaringan lemak, rambut.gigi. potongan potongan tulang dan tulang rawan. Kista organik di rahim umumnya terjadi kerena penumpukan seberapa kista kecilyang membuat hormon tidak seimbang, akibatnya mentruasi jadi tidak teratur, rambut tumbuh di beberapa tempat dan mengurangi kesuburan.

Namun ada juga yang membaginya berdasarkan tingkat keganasannya penyakit ini dibagi menjadi dua yaitu

1. Kista non-neoplastik yaitu kista yang memiliki sifat jinak dan dengan sendirinya mengempes dalam 2-3 bulan
2. kista neoplastik adalah kista yang memerlukan operasi untuk mengangkatnya, namun tergantung pada sifat dan ukurannya

Gejala kista ovarium sering kali tidak terasa, pada sebagian besar kasus kista ovarium baru diketahui dalam pemeriksaan rutin dokter. namun ada beberapa kasus dimana kista menimbulkan gejala, diantaranya:
  • kembung,nyeri dan bengkak di perut
  • nyeri saat buang air kecil
  • nyeri di panggul sebelum dan setelah awal periode menstruasi
  • rasa sakit selama berhubungan intim
  • nyeri menstruasi melebihi biasanya
  • mual atau muntah
  • kehilangan napsu makan atau mudah merasa kenyang padahal makan sangat sedikit
  • rasa sakit terus menerus pada satu atau dua sisi panggul
  • haid tidak teratur atau juga haid yang sangat banyak atau terlalu sedikit
  • Terdapat benjolan yang dapat diraba didaerah perut apabila sudah tahap lanjut
  • sering merasa ingin buang air kecil atau buang air besar karena jaringan kista terus membesar sehingga menekan kandung kemih dan kandung kemih tidak dapat menampung banyak airseni.
  • Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur
  • pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makn besar
  • rasa sakit yang seperti digigit semut dibagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian
  • keluhan sakit pinggang belakang
  • Jika kista pecah, rasa nyerinya akan bertambah bila melakukan aktifitas berat
  • pertambahan pertumbuhan rambut di wajah

Nah bila anda mengalami gejala gejala di atas, maka tidak ada salahnya segera menghubungi dokter dan memeriksa kan diri siapa tahu penyakit yang tidak diundang itu datang.

Sebenarnya bisa dimasukan ke dalam katagori kista ovarium, namunyang berbeda adalah kandungan isinya, bila kista ovarium kandungan isinya cairan, maka kista dermoid mengandung jaringan tubuh seperti lemak, gigi, tulang, rambut dan benda asing lainnya, kista yang satu ini sering disebut sebagai salah satu tumor jinak dan lebih banyak menyerang kaum wanita muda. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, sehingga banyak yang tidak menyadarinya, apalagi pada awalnya tidak ada gejala gejala khusus yang muncul menyertai kista ini.

Namun sama seperti kista kista yang lain, begitu ia semakin besar, akan timbul beberapa gejala diantaranya: 
  1. adanya tekanan pada daerah pinggul
  2. kesulitan buang air kecil
  3. Nyeri perut 
  4. pendarahan vagina
  5. nyeri punggung bawah

Kista ini juga memiliki keunikan lainnnya, yaitu mempunyai bentuk yang menyerupai manusia, bahkan diantaranya ada yang memiliki gigi atau jaringan kelenjar tiroid. Walaupun tidak bersifat kenker, namun harus tetap diawasi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
Kista ini dapat membesar dan akhirnya pecah. Pecahnya kista ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan sebelum pecah pun akan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu dikarenakan kista dermoid ini merubuah bentuk ovarium yang berefek pada tidak lancarnya aliran darah ke ovarium.


Kista payudara adalah munculnya jaringan abnornal bukan kanker yang berupa kantung kantung berisi cairan yang terdapat bada payudara. Kista ini dapat terjadi berulang kali. Proses tumbuh kembangnya ksita dipengaruhi oleh hormon, terutama hormon estrogen.  
Ketika tubuh mengalami ketidak seimbangan hormon, jaringan air susu (fibroglandular) dan sekitarnya akan berubah bentuk, saat haid, hormon wanita mengalami perubahan sehingga terasa penuh dan membesar atau mengeras. kadang menjelang haid akan teraba benjolan di payudara, benjolan itu akan terasa sakit menjelang haid, benjolan itulah yang dinamakan kista payudara. Kista payudara ini umunya butal dan terasa kenyal seperti bakso atau balon yang disis air, sedangkan untuk jumlah dan besarannya umumnya bervariasi.
Kista ini umumnya dialami oleh wanita usia di atas 30 tahun, namun dapat juga dialami oleh wanita di bawah usia tersebut 

 
Kista ganglion adalah benjolan berisi cairan (umumnya cairan yang terkandung dalam sendi atau protein) yang paling sering berkembang di sepanjang otot atau sendi pada pergelangan tangan, kaki dan jari jemari, berbentuk kistik yang berisi cairan kental, udara, nanah ataupun bahan bahan lainnya, dapat pula berbentuk anggur. Kista ini termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput dan mempunyai kapsula halus yang mengandung musin kental dan terfiksasi ke strukutur profunda. 

Benjolan tersebut akan membengkak saat tangan melakukan aktivitas dan akan mengempis saat tangan beristirahat. Penyakit ini dapat menjadi tanda adanya gangguan asam urat atau athritis rematoid. Biasanya akan terasa sedikit nteri, dan lunak, namun tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gejala yang lain. Ukuran kista ini bervariasi dan dapat membesar atau mengecil seiring waktu, bahkan bisa tiba tiba menghilang 

frekuensi timbulnya ganglion secara umum adalah 50-70% dari semua soft tisue tumors yang terdapat pada lengan dan tangan. Wanita umumnya lebih sering terkena penyakit ini dengan prevalansi 3 x lebih sering dan paling sering muncul pada pergelangan tangan (sekitar 80%) namun bisa juga muncul dibagian tubuh yang lain. Penyakit ini umumnya muncul pada usia 20-60 tahun. Kista ini terkadang mengalami inflamasi atau peradangan bila mengalami iritasi dan konsistensinya akan menjadi keras seperti batu bila terkena tekanan tinggi sehingga sering didiagnosis sebagai tonjolan tulang dengan besar 2-3 cm. Nyeri akan dirasakan penderitanya saat melakukan pergerakan pada bagian yang terdapat kista tersebut, nyeri yang dirasakan tumpul dan persisten, namun beberapa peneliti menilai bahwa yang menyebabkan nyeri adalah ganglion yang berukuran kecil.


Kista ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
  •  Peradangan pada selubung tendon
  • Keseleo
  • Disfungsi salah satu saraf dipergelangan tangan
  • Radang sendi pergelangan tangan 
  • Pembengkakan diatas punggung tangan atau pergelangan
  • Patah tulang
  • Terjadi kebocoran pada pembungkus cairan sendi, cairan ini berfungsu untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi kerusakan pada tulang rawan pada saat terjadi gerakan atau gesekan. cairan yang bocor itu kemudian membentuk gelembung seperti kapsul yang mendesak kulit sehingga tampak benjolan pada permukaan kulit
  • Trauma atau benturan
Adapun gejala gejala yang muncul akibat kista ini diantaranya:
  • benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
  • berisi cairan
  • ukuran kista bergantung pada kativitas sendi
  • biasnya tidak sakit, namun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf
  • dekat sendi sehinga menyebabkan rasa sakit, kelemahan atau mati rasa
  • dalam beberapa kasus dapat menimbulkan benjolan (hidden ganglion cystsloccult ganglion)
  • yang biasanya menyebabkan rasa sakit
  • tangan terasa kaku saat digerakan
  • benjolan berwarna kuning terang
Nah itulah informasi tentang kista Ganglion, nah selanjutnya kista yang lumayan jarang terdengar (atau mungkin terdeteksi), nah apa itu?
Mungkin memang ada yang geleng geleng tidak percaya, Kista di bagian ginjal, yap itulah kista ginjal, yaitu tumbuhnya kantung berisi cairan atau jaringan abnoemal yang bukan kanker yang disebut kista secara berkelompok pada ginjal. Kista ini sering disebut sebagai  ginjal polikistik atau polycystic kidney disase (PKD). Kista ini bisa mnejadi indikasi kalau ada penyakit lain di ginjal yang mengganggu fungsi ginjal. Kista ini biasanya tidak akan berubah menjadi kanker.
Kista ini umumnya terjadi karena adanya kelainan, namun baru terdeteksi setelah penderitanya mencapai usia dewasa. Keberadaan kista ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan gagal ginjal, jadi kista ini cukup berbahaya juga. 

Gejala gejala yang ditunjukan kista ini diantaranya:
  • nyeri pinggang
  • hipertensi
  • sakit kepala
  • infeksi saluran kencing
  • kelelahan
  • mual dan anoreksia
  • penurunan atau peningkatan berat badan
Kista ini juga bisa menyebabkan beberapa komlikasi diantaranya;
  • kista yang terinfeksi dapat mengakibatkan demam dan nyeri
  • kista yang pecah dapat mengakibatkan nyeri yang amat sangat pada bagian samping atau bagian belakang tubuh.
Untuk sementara baru ini informasi jenis jenis kista yang bisa saya berikan, selanjutnya kita akan membahas cara pengobatan kista

Cara pengobatan kista dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

 

  • Pengobatan dengan medis berupa operasi. 
Cara ini termasuk opsi terakhir bila kista yang ada telah masuk katagori membahayakan, atau menyebabkan terganggunya fungsi reproduksi.
  • PIL KB
Mungkin kita bingung, apa hubungannya pil kb dengan kista, ternyata pil KB, terutama Pil KB yang diminum (oral) mampu memperngaruhi hormon sehingga menekan resiko kista ovasrium, karena pada prinsipnya pil KB mempengaruhi hormon untuk mencegah pembuahan
  • Diet vegetarian.
Sebuah studi menunjukan bahwa ada hubungannya antara kista dengan diet vegetarian, ternyata resiko kista dapat menurun pada orang orang yang melakukan diet vegetarian, terutama pada wanita yang secara teratur mengkonsumsi lemak dari protein hewani, mungkin karena kandungan lemak hewani ini mempengaruhi hormon.
  • Air Lemon
Air lemon ternyata dapat membantu mengembalikan fungsi tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  • Herbal
Untuk cara herbal mengobati kista dapat dibaca di sini


Yang paling menentukan pengobatan kista mengetahui jenis kistanya, hal ini sangat penting karena pengobatan pada kista yang satu dan kista lainnya mungkin berbeda, pengobatan pun hasilnya akan berbeda kepada setiap orang, karena konsultasi dan pemeriksaan pada dokter mutlak diperlukan. Namun anda juga jangan merasa takut atau khawatir berlebihan ketika anda divonis kista, yakinlah bahwa setiap penyakit ada obatnya.  
Sekian informasi tentang kista yang saya tahu, kalau ada kritik dan saran yang membangun, akan saya terima dengan senang hati. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by agusni farmi, Published at 2/09/2015 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang mengandung link aktif, spam, memuat Sara, dan pornografi dengan terpaksa akan dihapus